Rabu, 19 Juni 2019

Great Barrier Reef Australia

The Great Barrier Reef adalah situs dengan keanekaragaman dan keindahan luar biasa di pantai timur laut Australia. Ini berisi koleksi terumbu karang terbesar di dunia, dengan 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan dan 4.000 jenis moluska. Ini juga memiliki minat ilmiah yang besar sebagai habitat spesies seperti duyung ('sapi laut') dan kura-kura hijau besar, yang terancam punah.


Sebagai ekosistem terumbu karang paling luas di dunia, Great Barrier Reef adalah entitas yang luar biasa secara global dan signifikan. Secara praktis seluruh ekosistem itu ditorehkan sebagai Warisan Dunia pada tahun 1981, meliputi area seluas 348.000 kilometer persegi dan memanjang melintasi rentang garis lintang 14 o (10 o S hingga 24 o S) yang bersebelahan. Great Barrier Reef (selanjutnya disebut GBR) mencakup keanekaragaman lintas-rak yang luas, membentang dari tanda air rendah di sepanjang pantai daratan hingga 250 kilometer lepas pantai. Kisaran kedalaman yang luas ini mencakup area pantai dangkal yang luas, terumbu tengah dan terluar, dan di luar landas kontinen ke perairan samudra dengan kedalaman lebih dari 2.000 meter.




GBR adalah keindahan alam superlatif di atas dan di bawah air, dan memberikan beberapa pemandangan paling spektakuler di bumi. Ini adalah salah satu dari beberapa struktur hidup yang terlihat dari luar angkasa, muncul sebagai rangkaian kompleks struktur terumbu di sepanjang pantai timur laut Australia.
Dari udara, pola mosaik terumbu yang luas, pulau-pulau, dan ngarai karang menghasilkan panorama udara bentang laut yang tak tertandingi yang terdiri dari beragam bentuk dan ukuran. Kepulauan Whitsunday menyediakan pemandangan menakjubkan dari pulau-pulau hijau dan pantai berpasir spektakuler yang tersebar di perairan biru. Ini kontras dengan hutan bakau yang luas di Hinchinbrook Channel, dan pegunungan bervegetasi kasar serta parit-parit hutan hujan yang rimbun yang secara berkala tertutup awan di Pulau Hinchinbrook.

Saat ini GBR membentuk ekosistem terumbu karang terbesar di dunia, mulai dari terumbu tepi pantai hingga terumbu beting tengah, dan terumbu terluar yang terbuka, termasuk contoh-contoh semua tahap pengembangan terumbu. Proses evolusi geologis dan geomorfologis terwakili dengan baik, menghubungkan pulau-pulau benua, ngarai karang, dan terumbu. Bentang laut dan lanskap bervariasi yang terjadi saat ini telah dibentuk oleh perubahan iklim dan permukaan laut, dan kekuatan erosif angin dan air, selama periode waktu yang lama.
Sepertiga dari GBR terletak di luar tepi laut dari terumbu dangkal; daerah ini terdiri dari lereng benua dan perairan laut dalam dan dataran abyssal.
Ayoo buat kalian yang penasaran dan pengen berkunjung kesana ayo langsung aja kita travelling travelling ke Australia with Segara Tours. Ayoo jangan sampe ketinggalan yah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menaiki Shinkansen menuju Kota Metropolitan Nagoya

Nagoya adalah kota metropolitan yang megah dan modern. Namun, di balik kilau salah satu kota terbesar di Jepang ini, tersimpan kekayaan se...