Rabu, 26 Desember 2018

Menelusuri Hewan Purba Komodo di Pulau Rinca

Flores dan juga Kepulauan Komodo merupakan habitat asli hewan purba komodo ini, nampaknya sudah menjadi destinasi favorit yang dikunjungi oleh para traveler baik di dalam maupun luar negeri. Banyak turis lokal maupun internasional berbondong-bondong mendatangi kepulauan ini hanya untuk melihat secara langsung tingkah laku hewan yang mulai punah ini. Selain karena keindahannya yang diakui dunia karena berhasil menyandang predikat ”New 7 Wonders of Nature” berjajar dengan tempat-tempat cantik lainnya di seluruh dunia. Pulau ini juga merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karena termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersamaan dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.

Namun tahukah Anda bahwa tak hanya di Pulau Komodo saja Anda dapat melihat hewan purba tersebut? Ya, di Pulau Rinca Anda juga bisa melihatnya. Pulau yang merupakan salah satu bagian dari gugusan kepulauan komodo ini, ternyata juga merupakan habitat asli komodo dengan populasi terbanyak kedua setelah pulau Komodo. Meskipun luasnya lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Komodo, populasi komodo sekitar 1500-an akan lebih mudah ditemui di Pulau Rinca dibandingkan dengan di Komodo. Sebenarnya di Pulau Padar juga dahulu terdapat komodo, namun putusnya rantai makanan yang menyebabkan ekosistem di pulau tersebut menjadi tidak berkembang sehingga pada akhirnya populasi komodo pun menjadi punah.

Hasil gambar untuk pulau komodo

Letak Pulau Rinca sendiri lebih dekat dari Labuan Bajo jika dibandingkan dengan Pulau Komodo, dengan titik tertinggi pulau ini berada di Doro (Gunung) Ora dengan ketinggian sekitar 670 mdpl.Tidak hanya ada komodo saja, di pulau ini terdapat juga hewan hewan dari berbagai jenis binatang yang hidup seperti babi liar, kerbau dan burung.

Tersedia pilihan jalur trekking yaitu mulai dari trekking pendek, medium hingga yang panjang. Pengunjung bebas menentukan sendiri pilihan rute tersebut, disesuaikan dengan kondisi fisik demi keselamatan dan meminimalisir resiko di lapangan nantinya. Di sepanjang jalur trekking, pengunjung akan ditemani oleh pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru. Bukit ini akan kering dan bewarna kuning di saat musim kemarau sedangkan apabila masuk musim penghujan, bukit ini akan berubah warna menjadi hijau. Di sela-sela perjalanan trekking, pengunjung akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan khas Pulau Rinca. Hamparan laut biru dipadukan dengan perbukitan eksotis semakin menambah keindahan Pulau Rinca, membuat siapapun yang datang ke pulau ini mendapatkan pengalaman yang sangat memukau.

Akses Menuju Lokasi Wisata


Untuk menuju ke Pulau Rinca salahsatu caranya adalah dengan melalui perjalanan dari Labuan Bajo menggunakan kapal sewaan. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa travel agent seperti Segara Tours yang menyediakan Paket Tour Komodo atau Pulau Rinca. Perjalanan menuju kesana dari Labuan Bajo ditempuh selama 2 jam via laut tentunya dan berlabuh di dermaga Loh Buaya. Dari pos penjagaan, nantinya pengunjung akan dipadu oleh para ranger untuk menjelajahi dan menelusuri jejak komodo di Pulau Rinca.

Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk di Pulau Rinca apabila ditotal memang akan lebih murah dibandingkan dengan Pulau Komodo, yaitu sekitar 25.000 rupiah namun belum termasuk dengan biaya ranger.

Fasilitas


Terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para pengunjung seperti toilet, warung makan bahkan homestay di sekitar lokasi pos penjagaan di Pulau Rinca. Namun ada baiknya jika pengunjung melengkapi persediaan makanan terutama minuman sebelumnya sebagai bekal selama trekking agar tidak dehidrasi di tengah teriknya sinar matahari.

Hasil gambar untuk pulau rinca


Jadi, apakah kamu sudah siap berlibur ke "Pulau Rinca?" Segara Tours & Travel siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Trans Studio Bandung pada Segara Tours

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Luar Negeri yang Paling Deket Jakarta

segaratours.com Melihat keindahan di suatu negara merupakan hal paling menyenangkan, namun selalu saja disulitkan untuk bepergian oleh gang...