Minggu, 17 Februari 2019

Eksotisnya Taman Laut Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado.

Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektar, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Secara geografis Pulau Bunaken ini termasuk kedalam wilayah perairan yang sering disebut dengan "Segi Tiga Emas". Terdapat banyak sekali spesies ikan disana, tercatat lebih dari 3000 spesies ada di Bunaken. Wilayah ini adalah jalur perairan laut yang menghubungkan luat Filipina, laut Papua dan juga laut Indonesia. Karena dikenal dengan kekayaan alamnya ini, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.


Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat Underwater Great Walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Hasil gambar untuk taman laut bunaken

Objek Wisata di Bunaken


Mayoritas hal yang dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Manado pastinya mengunjungi Taman Laut Nasional Bunaken juga. Karena Bunaken ini merupakan objek wisata paling populer. Di Bunaken ini terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki aneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Para penyelam pun akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dan juga beragam terumbu karang.

Titik penyelaman Bunaken berderet dari tenggara hingga barat laut. Di kawasan ini terdapat dinding karang berukuran raksasa berbentuk vertikal dan melengkung. Dinding ini merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan dan penghuni laut lainnya.

Lokasi dan Akses Menuu Bunaken


Taman Laut Bunaken ini terletak di perairan laut Pulau Sulawesi dan juga sebagian berada di utara Teluk Manado, Sulawesi Utara. Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, wisatawan dapat menggunakan transportasi yang sudah tersedia yaitu perahu motor dari pantai Teluk Manado.

Fasilitas dan Akomodasi


Fasilitas dan akomodasi disana sudah sangat memadai, terdapat beberapa akomodasi hotel di kawasan Bunaken dengan berbagai pilihan dan juga ada beberapa yang sangat rekomendasi karena dekat dengan Taman Nasional Bunaken. Dan juga fasilitas penyewaan selam beserta instrukturnya. Dan untuk instruktur selam tersebut menguasai beberapa bahasa seperti Perancis, Belanda, Inggris dan Jerman

Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk ke Taman Laut Nasional Bunaken yaitu Rp. 50.000,-/orang untuk sekali masuk. Dan Rp. 150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Jika Anda membeli tiket yang berlaku untuk 1 tahun, Anda akan diberi seperti lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket.

Hasil gambar untuk taman laut bunaken

Gambar terkait

Jadi, apakah kamu sudah siap berlibur ke "Taman Laut Bunaken?" Segara Tours & Travel siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Bunaken pada Segara Tours

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Luar Negeri yang Paling Deket Jakarta

segaratours.com Melihat keindahan di suatu negara merupakan hal paling menyenangkan, namun selalu saja disulitkan untuk bepergian oleh gang...