Rabu, 16 Oktober 2019

5 Objjek Wisata Gratis Di Surabaya

Kota Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang lebih dari 4 juta jiwa (perhitungan pada tahun 2007), Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan timur Pulau Jawa dan sekitarnya.

Terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan, karena sejarahnya yang sangat berperan dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Meskipun Suku Jawa (53%) adalah mayoritas, namun Surabaya juga menjadi tempat tinggal berbagai suku bangsa di Indonesia, termasuk suku Madura (7.5%), Tionghoa (25.5%), Arab (7%), serta para ekspatriat (sisanya). Sebagai pusat pendidikan, Surabaya juga menjadi tempat tinggal mahasiswa dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia, bahkan di antara mereka juga membentuk wadah komunitas tersendiri. Sebagai pusat komersial regional, banyak warga asing (ekspatriat) yang tinggal di daerah Surabaya, terutama di daerah Surabaya Barat. Etnis terbesar adalah Tionghoa, Korea, dan Jepang. Perekonomian Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Bagi kalian yang sedang ingin berkunjung ke Kota Pahlawan, ini dia 5 Objek Wisata Gratis di Surabaya :

1. Museum Siola

Hasil gambar untuk museum siola

Di dalamnya, Anda bisa menjumpai koleksi benda-benda berharga yang menjadi bukti perkembangan Kota Surabaya dari zaman dulu sampai sekarang.

Bahkan, konon ada lebih dari 1.000 koleksi benda bersejarah yang tersimpan di Museum Surabaya Siola. Lokasinya juga begitu strategis di Jl. Tunjungan dan begitu mudah dijangkau wisatawan.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Hasil gambar untuk hutan mangrove wonorejo

Memasuki kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo yang juga disebut Hutan Bambu Surabaya, Teman Traveler akan langsung disuguhi pemandangan hutan mangrove yang hijau dan rimbun. Setelah melewati pintu masuk, trek untuk menjelajah hutan ini sudah tersuguh. Tak perlu khawatir, pengelola menawarkan trek yang aman bahkan ketika air laut pasang. Jadi, bisa merasa aman dan nyaman selama liburan.

Bagi yang ingin berwisata sambil berolahraga, di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo juga disediakan lintasan jogging atau jogging track. Teman Traveler tak perlu takut kepanasan karena di kanan kiri terdapat tanaman mangrove yang membuat teduh lintasan jogging.

3. House Of Sampoerna

Hasil gambar untuk house of sampoerna

Terletak di kawasan “Surabaya lama”, gedung megah bergaya kolonial ini dibangun pada tahun 1858 dan sekarang menjadi situs bersejarah yang terus dilestarikan. Kunjungan ke Museum House of Sampoerna (HOS) menawarkan pengalaman yang benar-benar unik bagi pengunjung. Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri, sampai melihat dari dekat proses pembuatan rokok linting yang masih dilakukan secara manual. Rokok yang di produksi di gedung ini adalah merek Dji Sam Soe.

4. Jembatan Suroboyo

Gambar terkait

Jembatan Suroboyo adalah infrastruktur jalan berupa jembatan yang menghubungkan kawasan pesisir Surabaya di Pantai Kenjeran, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 800 meter dengan lebar 18 meter dan tinggi 12 meter yang ditahan dengan 150 tiang pancang. Jembatan ini didesain langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Desain jembatan dibangun melingkar dengan pemandangan air mancur di tengahnya.

Jembatan ini diresmikan pada 9 Juli 2016 yang ditandai dengan pelepasan ratusan kembang api dan lampion oleh Wali Kota Surabaya setelah menekan tombol tanda peresmian Jembatan Suroboyo.

5. Taman Harmoni

Hasil gambar untuk taman harmoni surabaya

Bermekaran dan berwarna-warni, dua kata inilah yang menggambarkan keindahan Taman Harmoni Keputih. Memasuki musim berbunga kali ini, ratusan bunga sedang berkemaran dan menjadi daya pikat bagi para pengunjung.

Terletak di Jalan Keputih Tegal Timur no 241 Keputih Sukolilo Surabaya, tempat bekas pembuangan sampah ini kini telah disulap menjadi wisata ruang publik yang instagramable. Menjadikannya salahsatu taman dengan banyak pengunjung di Kota Surabaya. Selain karena gratis banyak wisatawan juga datang kemari untuk berfoto foto.

Bagi kalian yang sedang merencakan liburan ke Kota Surabaya, jangan lupa berkunjung ke salahsatu objek wisata gratis diatas ya karena tidak perlu ribet dan sederhana. See you guys :)0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Objjek Wisata Gratis Di Surabaya

Kota Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan j...